Pada tutorial perdana kali ini, yang di khususkan bagi pemula. Kita akan membuat sebuah taman sederhana, dengan hanya menggunakan objek dasar dan Pencil Tools di Adobe Illustrator CC. Anda akan terkejut betapa banyak objek berbeda yang dapat Anda buat dengan hanya menggunakan persegi panjang, elips dan segitiga!

  1. Membuat Tanaman Wortel

    Tekan CTRL + N, untuk membuat dokumen baru .Langkah awal kita akan membuat wortel menggunakan Ellipse Tool (L) , buat objek Oval (dengan kode warna R = 245, G = 128, B = 37 ). Kemudian aktifkan Direct Selection Tool (A) lalu klik Anchor Points pada sisi kiri dan kanan pada objek oval, kemudian tarik ke atas.Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 01Aktifkan Pencil Tool (N) pada Toolbar. Lalu kosongkan warna Fill, lalu pilih stroke dan atur warnanya menggunakan kode R = 221, G = 93, B = 5 . Sekarang buatlah gambar garis seperti pada gambar di bawah ini.Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 02Perbesar ukuran stroke dan ubah warnanya menjadi R = 141, G = 139, B = 0 . Gunakan Pencil Tool (N) untuk menggambar daun wortel.
    Setelah membuat semua garis stroke wortel tanpa warna fill; selanjutnya tahap ini akan membantu Anda memperbesar dan memperkecil ukuran stroke wortel secara proporsional. Untuk memperluas bagian stroke, pilih salah satu stroke daun wortel, buka menu Select > Same > Fill color , kemudian lalu buka menu Object > Expand dan tekan OK .
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 03Membuat POT untuk wortel. Aktifkan Rectangle Tool (M) dan buatlah persegi panjang. Klik objek lalu buka Effect > Warp > Bulge . Sesuaikan opsi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 04Lalu posisikan wortel di belakang pot bunga : pilih wortel, lalu klik kanan > Arrange > Send Backward.Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 05Pastikan objek wortel terpilih, tekan tombol Shift dan Alt dan seret wortel ke kanan secara bersamaan. Kemudian cukup klik CTRL-D beberapa kali untuk membuat banyak wortel.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 06
  2. Membuat Pohon Hias

    Sebelum memulai buat pohon, pastikan bahwa Stroke Color posisi none, lalu pilih fill color dan atur warnanya ke R = 163, G = 165, B = 16 .
    Gunakan Ellipse Tool (L) untuk menggambar lingkaran. Kemudian gambar lagi lingkaran kedua tetapi lebih kecil berada di dalam lingkaran pertama dengan warna ke R = 173, G = 174, B = 40 .
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 07
    Sekarang tambahkan batang pohon menggunakan Rectangle Tool (M) . Atur warnanya ke R = 114, G = 108, B = 1 .
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 08Sekarang saatnya membuat pot bunga. Mulai dengan persegi panjang menggunakan Rectangle Tool (M) dan set warna ke R = 112, G = 50, B = 33 . Lalu buka menu Effect > Warp > Bulge dan sesuaikan opsi wrap Anda seperti yang ditunjukkan pada gambar.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 09
    Gabungkan seluruh bagian dalam 1 tempat.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 10Lalu hiasi pohon dengan bunga.
    Aktifkan Polygon Tool (M) (isi warna R = 230, G = 227, B = 208 ) dan Jendela dialog akan muncul, Anda perlu mengatur jumlah menjadi 6 sisi dan tekan OK .Lalu buka menu Effect > Distort and Transform > Pucker and Bloat. Geser slider ke nilai 50% dan tekan OK .
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 11
    Tambahkan lingkaran di tengah bunga, dengan kode warna ( R = 242, G = 235, B = 70 ).
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 12
    Hiasi pohon dengan bunga dengan cara Copy-Paste .
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 13
  3. Membuat Pagar SederhanaKemudian aktifkan Pen Tool (P) dan tambahkan satu anchor point pada bagian tengah seperti yang ditunjukkan pada gambar,  lalu pilih point dan tarik keatas.Aktifkan Rectangle Tool (M) dan buat persegi panjang, atur warnanya ke (R = 34, G = 188, B = 185).
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 14
    Tekan tombol Shift dan Alt dan secara bersamaan lalu pindahkan objek ke kanan. Anda akan mendapatkan dua objek duplikat. Selanjutnya tekan CTRL-D dan Anda akan mendapatkan tiga objek dengan jarak yang sama.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 15Tambahkan persegi panjang dengan warna lebih gelap ( R = 2, G = 155, B = 147)
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 16
  4. Membuat Objek KumbangBuatlah objek oval dengan Ellipse Tool (L) menggunakan kode warna ( R = 238, G = 53, B = 36 ).
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 17
    Copy dan Paste objek oval pertama, lalu ubah warna fill menjadi hitam. Setelah itu aktifkan Convert Anchor Point Tool (Shift-C) dan selanjutnya klik pada anchor point di bagian atas dan bagian bawah objek.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 18
    Buat objek oval kedua menjadi lebih kecil lalu letakkan di atas objek oval merah pertama. Untuk menempatkannya tepat pada bagian tengah objek, pilih kedua objek sekaligus dan klik tombol Horizontal Align Center dan Vertical Align Center pada panel Align .
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 19Buatlah lingkaran hitam untuk kepala kumbang. Lalu letakkan kepala dibagian belakang tubuh, tekan CTRL-X lalu CTRL-B .
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 20Atur warna fill menjadi no color dan atur stroke ke warna hitam. Pastikan opsi Round Cap tercentang pada panel Stroke . Lalu aktifkan Arc Tool kemudian gambar antena serangga.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 21Buat lingkaran hitam ukuran kecil, lalu letakkan di atas tubuh kumbang. Sekarang Anda pilih semua bagian kumbang dan buat menjadi group ( klik kanan > Grup ).
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 22Letakkan kumbang pada bagian atas pagar.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 23
  5. Membuat Sangkar Burung
    Buatlah persegi panjang hijau muda ( R = 163, G = 165, B = 16 ) dan lingkaran hijau gelap ( R = 114, G = 108, B = 1 ).
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 24Sekarang kita akan menambahkan atap. Aktifkan Polygon Tools di Toolbar dan klik pada ArtBoard. Isi jumlah sisi menjadi 3 pada panel dialog dan tekan OK . Atur warna atap ke R = 141, G = 139, B = 0
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 25Letakkan atap pada bagian atas objek kotak.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 26Lalu yang perlu Anda lakukan sekarang adalah membuat persegi panjang menggunakan Rectangle Tool (M) dengan warna fill R = 112, G = 50, B = 33 .
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 27
  6. Membuat Objek Burung
    Mulai dengan membuat objek tubuh. Aktifkan Eyedropper Tool (I) dan cukup klik pada objek pagar untuk mengambil warna biru yang sama.
    Buatlah objek oval dengan menggunakan Ellipse Tool (L) . Setelah itu aktifkan Convert Anchor Point Tool (Shift-C) dan lalu klik pada anchor point kiri dan kanan objek oval.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 28
    Untuk mengubah proporsi objek baru, maka buka menu Effect > Distort dan Transform > Twist . Masukkan 100 derajat di dialog windows Twist dan tekan OK . Untuk menjaga skala proporsi objek, buka menu (Object  > Expand Appearance).
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 29Aktifkan Direct Selection Tool (A) dan gerakkan Anchor Point menjadi bentuk yang lebih bulat. Lalu tambahkan lingkaran mata kecil dengan warna R = 20, G = 48, B = 47.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC
    Tambahkan kaki burung. Ambil Rectangle Tool (M) dan gambar dua persegi panjang (warna R = 238, G = 53, B = 36 ). Letakkan pada belakang objek burung ( klik kanan > Arrange > Send Backward ).
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 31Dengan warna yang sama dengan objek kaki, lalu buatlah oval. Aktifkan Convert Anchor Point Tool (Shift-C) lalu klik pada Anchor Point bagian kanan dari oval. Kemudian pilih Anchor Point bagian atas dan bawah dari objek oval menggunakan Direct Selection Tool (A) . Pindahkan ke kiri.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 32Posisikan objek sayap pada tempatnya.
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 33
  7. Posisikan Burung di Atas Sangkar Burung
    Seleksi seluruh objek burung dan Kelompokkan ( klik kanan> Group ), letakkan di atas sangkar burung dan posisikan burung di belakang objek sangkar (klik kanan > Arrange > Send Backward).
    Membuat Properti Taman Cantik di Adobe Illustator CC 34
  8. Buat Pot Bunga
    Mari buat pot bunga. Buat warna fill menjadi coklat ( R = 112, G = 50, B = 33 ) dan gambar segi empat. Lalu buka menu Effect > Warp> Bulge dan sesuaikan opsi slider seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
    Tambahkan persegi panjang horizontal kecil dengan warna yang sama di bagian atas.
    Membuat daun dengan objek oval hijau. Anda perlu membuat sudut runcing dengan bantuan Convert Anchor Point Tool (Shift-C) .
    Aktifkan Line Segment Tool (\) dan buatlah objek garis tepat di tengah daun. Lalu buka panel Pathfinder dan klik tombol Divide . Anda akan membuat dua bagian daun. Pilih setengah objek menggunakan Direct Selection Tool (A) dan ubah warnanya menjadi lebih gelap ( R = 141, G = 139, B = 0 ).
    Buat objek menjadi dua ( Copy-paste ) dan tambahkan objek batang menggunakan Arc Tool (warna stroke R = 124, G = 118, B = 1 ).
Bagikan Artikel :