Pada materi kali ini yang akan saya bahas lebih detail  mengenai Teknik Closing Dengan Facebook Funneling, karena jika sudah praktek nanti, Anda bisa mengubah yang tadinya bukan siapa-siapa jadi pelanggan setia.

Teknik ini saya sebut sebagai FACEBOOK SALES FUNNELING, strategi penjualan maksimal dengan mengubah prospek pada satu kondisi ke kondisi menguntungkan lainnya menggunakan media facebook. Nah bayangkan, jika RIBUAN teman Facebook Anda pada kategori cold market bisa Anda ubah menjadi Hot Market semua? Pasti dijamin banjir orderan jadinya kan, penasaran bagaimana caranya? Yuk simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Mengubah Cold Market menjadi Warm Market

Setiap teman yang baru kita tambahkan pertemanan termasuk kategori cold market, artinya belum layak dijuali, kecuali mungkin ada yang sudah temenan di dunia nyata. Untuk tips-nya di langkah pertama ini, lebih baik anda mulai fokus perbanyak dulu pertemanan Anda agar lebih tertarget, sampai tembus 3000 – 5000 friends.

Sambil menambah pertemanan, Anda bisa mulai update-update postingan bermanfaat. Usahakan agar postingan Anda menyangkut dengan produk ingin dipasarkan. Hal ini bertujuan unuk membangun personal brand perusahaan Anda.

Selalu ingat istilah ini :

“Sharing / berbagi dahulu, Lalu Selling Kemudian”

Setelah itu, rutin-rutinlah berinteraksi dengan like, komen, share, mention dan Reply di postingan teman Anda dan postingan Anda sendiri. Dengan begitu pertemanan Anda beranjak meningkat menjadi target market, ditandai dengan banyaknya like, komen, share, mention atau reply postingan Anda.

  1. Mengubah Warm Market menjadi Hot Market

Lakukan langkah pertama di atas berulang-ulang, sehingga Anda bisa memperoleh ribuan friends dan puluhan-ratusan interaksi di postingan Anda. Kalau Anda sudah rutin sharing-sharing, waktunya untuk selling-selling, rumusnya Lima banding satu alias 5 kali sharing baru boleh sekali promosi. Rumusnya nggak monoton kok, silahkan tes ukur saja mana lebih efektif.

Banyak sekali pengguna facebook tidak menggunakan pola ini, sehingga hasilnya tidak maksimal. Buat promosi jualan, lalu kemudian sepi tidak terdapat interaksi berupa like, komen, share apalagi beli. Karena kebanyakan mereka melakukan selling-seling dulu, dan berlanjut lagi kemudian, tanpa ada sharing sama sekali. Kalau begitu, tidak mungkin target mau berteman dengan Anda?

Nah kebanyakan mastah kenapa kok friendnya banyak, statusnya ramai yang like, komen bahkan share, dan jualannya laris kaya jualan kacang? Hal itu karena mereka rutin posting materi sharing dan jago bikin kalimat covertselling. Kalau sudah tau gitu, ya kita tiru saja polanya, sudah terbukti kan? Jika Anda sudah sharing waktunya mulai promosi, buat kalimat postingan yang focus pada manfaat produk.

PRINSIP-PRINSIP-PENTING-FACEBOOK-MARKETING

Berikan informasi kelebihan, manfaat, solusi, bonus / promo melalui produk Anda. Dan terpenting jangan informasikan HARGA terlebih dahulu, pancing mereka agar penasaran dan tanya harga. Kalau tidak ada sama sekali yang tanya harga, maka ada beberapa kemungkinan, diantaranya:

  • iklannya belum membuat tertarik
  • target marketnya belum sesuai
  • produknya kurang banyak yang berminat
  • teman facebook-nya baru sedikit
  • masih kurang interaksi dengan teman facebook

Cek ricek masalah di atas dan selesaikan dulu yah, InsyaAllah kalau sudah oke maka akan mudah Anda melakukan penjualan.

  1. Mengubah Hot Market menjadi VERY HOT MARKET

Alhamdulillah, kini mereka sudah membeli produk Anda dan masuk ke dalam kategori Pasar Panas. Jika sudah begini, tugas Anda mudah, karena target tidak akan banyak bertanya lagi ketika ingin membeli produk Anda kembali. Tugas Anda kemudian adalah mengubah si Hot Market ini menjadi HIGHLY HOT MARKET, wah apaan tuh? Target Panas artinya pelanggan Anda, jadi setelah beli mereka akan beli lagi, beli banyak dan beli sering. Mau punya kategori market ini?

Dapat dilakukan dengan mengajak mereka menjadi Reseller Produk Anda. Target pasar pun mampu dijadikan tim penjualan Anda, maka dengan sendirinya mereka otomatis dapat membeli produk Anda lebih banyak lagi. Langkah pertama untuk memperoleh reseller adalah dengan MEREKRUTNYA. Anda bisa membuat postingan penawaran di Facebook mengenai pendaftaran Reseller.

Berikan setidaknya 5-7 alasan kenapa harus bergabung dengan tim penjualan Anda. Contohnya bisa seperti produknya laku di pasaran, ngga perlu stok, ada bimbingan bisnis, ada bonus, disediakan alat untuk promosi dan masih banyak lagi. Setelah terkumpul, Anda bisa masukkan ke grup khusus reseller untuk informasi pemesanan atau pengiriman barang. Banyak pertanyaan pada umumnya, apa sebaiknya kita membuka pendaftaran harus berbayar atau digratiskan saja?

Jika personal image perusahaan Anda tinggi, anda bisa membuat pendaftaran yang berbayar. Apabila perusahaan anda belum bisa memberikan free registrasi, saran saya Anda bisa membuat system register gratis namun bersyarat. Syarat untuk reseller, mereka wajib transaksi 1-2 produk terlebih dahulu. Bayangkan jika Anda mempunyai tim puluhan orang saja, jika sendiri bisa menjual 100 pcs bila bersepuluh maka bisa sampai 1.000 pcs atau minimal 500an pcs! Meningkatkan penghasilan Anda sampai lebih dari sepuluh kali lipatnya dari hasil penjualan sendiri.

Terakhir dapat disimpulkan, sebuah proses sales funneling FB itu akan merubah market dari Cold-Warm-Hot-Very Hot Market. Anda dapat memulai berupa add friend target, membangun personal image, memperbanyak interaksi, lalu berpromosi jualan, terakhir merekrut target Reseller. Lakukan semuanya secara KONSISTEN dan RUTIN, insyaAllah bisnis Anda akan semakin besar lagi.

Oke kebayang ya sekarang apa saja strategi wajib dilakukan untuk mendapatkan Jutaan dengan Faceook Personal?

Bagikan Artikel :